Produk yang harus dibeli untuk menghentikan rambut rontok 

Tentang Rambut rontok

Kerontokan rambut sangatlah membuat stress. Beberapa cara dilakukan agar kejadian tidak terulang kembali. Sebenarnya kerontokan rambut merupakan hal yang wajar apabila rambut yang rontok berjumlah 50 hingga 100 helai. Namun bagi beberapa orang, rambut rontok menjadi masalah serius sehingga perlu diperbaiki segera. Perbaikan rambut rontok bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari mengubah gaya hidup dan cara perawatan rambut yang salah sampai membeli produk untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Berikut ini rekomendasi produk yang harus dibeli demi menghentikan kerontokan rambut bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

1. Vitamin A

Makanan atau suplemen yang mengandung vitamin A terdiri dari bagian retinoid. Berdasarkan penelitian, retinoid ini terbukti dapat meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu memproduksi sebum, mempertahankan rambut lebih banyak, dan menjaga agar kulit kepala lebih sehat. Rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi karena merupakan sumber vitamin A seperti ubi jalar, bayam, wortel, dan paprika manis.

2. Biotin

Biotin merupakan jenis vitamin H atau B7 yang terlibat sebagai asam lemak dalam tubuh. Proses sintesis asam lemak dalam tubuh sangat penting untuk siklus rambut. Apabila kekurangan biotin, kemungkinan rambut akan mengalami kerontokan. Oleh karenanya harus segera menemui dokter mengenai berapa dosis biotin yang harus dipenuhi setiap harinya. Beberapa dokter menyarankan sebaiknya konsumsi tiga sampai  lima milligram biotin setiap hari.

3. Vitamin D

Vitamin D tak kalah bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok. Berdasarkan studi, vitamin D mengobati defisiensi yang dapat membantu rambut tumbuh kembali. Vitamin D juga dianggap mampu mengatasi penyakit alopecia yang merupakan penyebab kerontokan rambut. Dosis yang disarankan agar vitamin D terpenuhi adalah 800 hingga 1000 IU tiap hari, namun sebaiknya konsultasikan kembali berapa dosis yang pas agar tidak terjadi kesalahan.

4. Minyak atsiri

Minyak atsiri termasuk minyak esensial yang dianggap dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan terhadap penderita alopecia areata dimana mereka diolesi minyak atsiri di kulit kepalanya dan setelah tujuh bulan ternyata 43 persen dari mereka kondisinya semakin membaik.

Cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkannya sebagai obat yang mengatasi rambut rontok cukup mudah. Oleskan saja langsung ke kulit kepala, tunggu 10 menit kemudian cuci rambut hingga bersih.

5. Protein

Protein menjadi bagian penting bagi rambut. Bagian rambut yaitu folikel sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Berdasarkan sebuah penelitan, orang yang mengalami kerontokan rambut disebabkan karena kekurangan nutrisi termasuk asam amino yang berperan sebagai bahan pembangun protein. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengatasi kerontokan rambut konsumsilah makanan yang kaya akan protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, kalkun, dan susu rendah lemak.

6. Sayuran mentah dan rempah segar

Diet mediterania merupakan salah satu cara  efektif untuk mencegah kerontokan rambut. Metode diet dengan mengkonsumsi sayuran mentah dan rempah segar ini berfungsi untuk mengurangi risiko androgenic alopecia. Agar mendapat hasil terbaik, cobalah untuk mengkonsumsi peterseli, salad hijau, dan kemangi dalam jumlah yang tinggi sebanyak tiga hari dalam seminggu.

7. Multivitamin

Multivitamin berperan dalam proses pertumbuhan rambut yang sebelumnya rontok. Berdasarkan penelitian, vitamin A, B, C, D, selenium, seng, dan zat besi sangat penting untuk dipenuhi demi mendukung proses pertumbuhan dan retensi rambut khususnya berkaitan dengan pergantian sel. Oleh karena itu, untuk mengatasi dan mencegah kerontokan rambut, sebaiknya belilah produk multivitamin dan konsumsilah sesuai dosisnya agar asupan tiap harinya terpenuhi.